Copyright 2017 - Custom text here

PRP

 

PRP (Platelet Rich Plasma)

 

 

Apa Itu PRP?

Pernah dengar Vampire Facial? Vampire facial adalah tehnik facial yang menggunakan darah sendiri yang kaya akan PRP (Platelet Rich Plasma) sebagai serum untuk diaplikasikan pada kulit wajah.

Keunggulan metode ini adalah tingkat kompatibiliti/kecocokan yang sangat tinggi karena serum yang digunakan berasal dari tubuh pasien sendiri, sehingga meminimallisir reaksi alergi yang kadang terjadi pasca perawatan lainnya.

Apa Saja Manfaat PRP?

Treatment ini sangat baik dilakukan untuk berbagai masalah kulit, seperti :

  • Scar bekas jerawat
  • Flek hitam
  • Kerut halus pada wajah (skin rejuvenation)
  • Mengurangi strecthmark
  • Luka kronis, bahkan
  • Rambut rontok / hair loss.

Hal ini dikarenakan PRP kaya akan growth factor yang sangat baik untuk proses penyembuhan, dan meningkatkan elastisitas jaringan kolagen yang memiliki andil besar dalam proses regenerasi sel.

Kondisi Apa Sajakah Yang Merupakan Kontraindikasi PRP?

PRP tidak dianjurkan pada kondisi pasien dengan:

  • Kanker atau penyakit metastasis.
  • Infeksi aktif.
  • Penyakit hati dan penyakit kronis lainnya, misalnya: Hepatitis, HIV positif.
  • Jumlah trombosit darah dibawah normal.
  • Hamil atau sedang menyusui.
  • Anemia.

Apakah Ada Persiapan Khusus yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Treatment ini?

Setidaknya selama dua minggu sebelum prosedur ini dilakukan, pasien akan diminta untuk tidak mengonsumsi obat pengencer darah seperti aspirin, ibuprofen, omega 3, dan ginko biloba. Selain itu, pemeriksaan dengan laboratorium mungkin diperlukan untuk memastikan darah pasien dalam kondisi optimal untuk diekstrak PRP nya.

Merokok dan alkohol sebaiknya dihindari apabila Anda berencana untuk melakukan treatment ini karena dapat menurunkan efektivitas terapi yang dilakukan.

PRP dapat dilakukan oleh pria dan wanita akan tetapi pada wanita sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi karena akan mengurangi kualitas PRP yang diperoleh. Waktu yang tepat bagi wanita melakukan PRP adalah 14 hari setelah haid terakhir hingga 1 hari menjelang menstruasi berikutnya. Begitu juga apabila Anda melakukan donor darah, sebaiknya beri jarak 14 hari setelah donor agar jumlah sel darah dalam tubuh kembali normal sebelum melakukan terapi ini.

Konsumsi antioksidan dan kolagen 1 bulan sebelum perawatan dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Pemakaian krim malam sebaiknya dihentikan 2 hari sebelum dan setelah melakukan perawatan ini atau sesuai petunjuk dokter.

Durasi Perawatan

Lama perawatan kurang lebih sekitar 60 hingga 90 menit untuk masing – masing area perawatan.  Bila perawatan digabung dengan facial maka akan memakan waktu 2-3 jam. Untuk hasil maksimal sebaiknya terapi PRP dilakukan setiap 4 minggu / 1 bulan sekali.

Proses Perawatan

Proses pengobatan dengan PRP meliputi pengambilan darah pasien, pemrosesan darah pasien menjadi PRP, dan aplikasi PRP ke bagian tubuh pasien yang dituju. Aplikasi dapat dilakukan menggunakan microneedling (dermapen)/ red facial atau langsung disuntikkan pada area yang dituju (tehnik mesoterapi). Di Fairytale kami juga mengkombinasikan perawatan Laser CO2 dengan PRP untuk hasil maksimal peremajaan kulit dan penyembuhan scar bekas jerawat.

  • Pembersihan area yang akan ditreatment.
  • Pemberian obat anestesi pada area yang akan ditreatment.
  • Pengambilan darah pasien.
  • Proses pengolahan darah pasien secara steril menggunakan mesin sentrifuge untuk memisahkan komponen yang ada di dalamnya. Dari sejumlah darah yang diambil di atas, kemudian didapat beberapa milimeter plasma darah kaya trombosit.
  • Plasma darah diaplikasikan dengan Laser CO2/dermaroller/ penyuntikan pada kulit wajah, leher atau lokasi tubuh lain.

Di Fairytale kami menggunakan 2 macam tabung untuk treatment PRP, tabung PRP Reguler dan Premium (Y Cell Bio). Y cell Bio memungkinkan PRP yang dihasilkan lebih banyak dan terpisah sempurna dari sel darah lainnya, serta mengandung growth factor yang cukup tinggi yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan luka, regenerasi kulit, regenerasi folikel rambut dan lain sebagainya.

Setelah perawatan disarankan untuk tidak mencuci muka selama 5 jam setelah treatment.  Dokter akan meresepkan krim anti iritasi yang harus digunakan selama 3-5 hari setelah treatment.  Dianjurkan untuk tetap mengggunakan tabir surya saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Hindari olahraga berlebihan setelah terapi untuk menghindari keringat mengotori wajah Anda. Aktivitas olahraga normalnya dapat dilakukan 5-7 hari setelah terapi.

Search

f t g m