Copyright 2018 - Custom text here

Terapi Akupunktur

Akupuntur adalah teknik kesehatan holistik yang berasal dari praktek Pengobatan Tradisional Cina, yang dilakukan dengan merangsang titik-titik tertentu pada tubuh dengan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit. Akupunktur dilakukan berdasarkan kepercayaan Tiongkok yang menyebutkan adanya aliran energi yang dikenal dengan sebutan Qi. Penyakit bisa muncul jika aliran Qi terhambat. Lewat penusukan di titik-titik tertentu, akupunktur dipercaya bisa menjadi salah satu cara untuk melancarkan aliran Qi sekaligus mengobati berbagai penyakit.

Pada dasarnya akupunktur dilakukan untuk menyeimbangkan energi. Tubuh memiliki jalur energi yang dikenal dengan sebutan meridian. Terapis akan memasukkan jarum pada titik-titik tertentu di sepanjang jalur meridian ini sehingga aliran energi akan seimbang kembali.

Sementara itu, ilmu kedokteran barat memandang bahwa jarum akupunktur bekerja merangsang saraf dan otot serta mengaktifkan kembali jaringan-jaringan tubuh. Dampaknya adalah peredaran darah semakin lancar dan rangsangan dari jarum dapat merangsang produksi zat penghilang rasa sakit alami tubuh. Dengan demikian penyakit-penyakit yang ada pun diharapkan dapat sembuh.

Berbagai manfaat akupuntur

Saat memutuskan untuk melakukan terapi akupunktur, penting untuk memastikan jarum akupunktur telah dilakukan sterilisasi dengan benar atau sebaiknya gunakan jenis yang sekali pakai. Hal ini untuk menghindari risiko infeksi, misalnya terkena hepatitisakibat pemakaian jarum yang kotor atau tidak steril.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat ditangani melalui terapi akupunktur.

1. Membantu mengurangi sakit kepala dan migrain

Pada tahun 2009, penelitian dari Center for Complementary Medicine di University of Munich mengulas lebih dari 11 studi yang melibatkan 2.137 pasien akupuntur. Mereka menyimpulkan bahwa akupuntur  dapat menjadi alat non-farmakologis yang berharga pada pasien sakit kepala tegang kronis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penempatan jarum pada daerah strategis dapat meminimalisir sakit kepala.

1. Pengobatan suportif pasca stroke

Akupunktur dapat dilakukan sebagai pengobatan tambahan setelah stroke. Penderita yang mendapatkan terapi akupunktur mengalami peningkatan kemampuan menggerakkan pergelangan tangan dan bahu, dibandingkan penderita stroke yang tidak mendapatkan terapi ini. Akupunktur juga kemungkinan dapat membantu meringankan rasa sakit dan rasa tidak nyaman akibat stroke. Penelitian menunjukkan terapi akupunktur ditambah fisioterapi memberi hasil yang lebih baik.

1. Membantu mengatasi obesitas

Penelitian membuktikan, akupunktur dapat membantu menurunkan berat badan pada penderita obesitas. Titik-titik yang ditusuk pada akupunktur dapat menekan nafsu makan dan memengaruhi metabolisme. Selain itu, akupunktur juga berperan dalam produksi hormon endorfin dan dopamin sehingga membantu meredakan stres dan depresi, yang berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Namun, untuk mengatasi obesitas dengan akupunktur, tetap dibutuhkan kombinasi dari program diet dan olahraga teratur.

1. Memperlambat proses penuaan

Terapi akupunktur juga dikatakan memiliki fungsi kosmetik, yaitu melawan penuaan dengan membantu memperbaiki elastisitas wajah. Jarum akupunktur akan ditusuk ke titik-titik pada kulit yang ada di kepala, wajah, dan leher. Terapi ini dikenal dengan istilah akupunktur kosmetik. Tetapi efektivitas akupunktur dalam bidang kecantikan belum dibuktikan sepenuhnya dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

1. Meredakan nyeri kronis, termasuk nyeri punggung, leher, lutut,dan arthritis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terapi akupunktur ditambah fisioterapi dan kompres hangat atau dingin dapat mengurangi durasi dan derajat nyeri punggung. Terapi akupunktur juga menunjukkan hasil yang positif dalam memperbaiki kemampuan fungsional penderita nyeri punggung dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Pada 2006, studi yang dilakukan oleh University Medical Center of Berlin menyatakan, bahwa manfaat akupuntur telah terbukti lebih efektif dalam memperbaiki nyeri punggung dibandingkan dengan yang tidak melakukan pengobatan dengan akupuntur. Pasien dengan nyeri punggung bawah kronis yang menerima pengobatan ini selama 8 minggu, menyatakan bahwa mereka mengalami perbedaan yang signifikan.

Dan pada studi tahun 2012 yang dilakukan oleh Memorial Sloan-Kettering Department of Epidemiology and Biostatistics, menyatakan bahwa akupuntur dapat meredakan rasa sakit kronis otot pungggung dan leher, osteoarthritis, dan sakit kepala kronis.

1. Membantu mengobati insomnia

Meta analisis yang dilakukan oleh Beijing University of Chinese Medicine pada tahun 2009, menunjukkan bahwa pasien insomnia yang mengonsumsi obat atau jamu dan dibantu dengan akupuntur memiliki efek yang lebih baik dibandingkan dengan yang mengonsumsi obat atau jamu saja.

1. Meningkatkan pemulihan kanker dan efek kemoterapi

Menurut National Cancer Institute, beberapa studi menunjukkan manfaat akupuntur dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan setelah perawatan kanker. Sebuah uji coba acak menemukan bahwa pengobatan akupuntur dapat meningkatkan kekebalan, jumlah trombosit, dan mencegah penurunan sel-sel sehat setelah terapi radiasi atau kemoterapi, bila dibandingkan dengan tidak menerima akupuntur sama sekali.

Para peneliti melaporkan bahwa pasien yang menerima perawatan akupuntur, juga mengalami penurunan rasa sakit dari perawatan, meningkatkan kualitas hidup, dan menurunkan berbagai efek samping negatif dari kemoterapi, seperti rasa mual.

1. Membantu mencegah penurunan kehilangan fungsi otak kognitif

Beberapa penelitian awal telah menunjukkan informasi baru mengenai manfaat akupuntur pada Parkinson. Studi menunjukkan bahwa pengobatan ini dapat meringankan gejala penurunan fungsi kognitif yang berkaitan dengan usia, seperti putamen dan talamus, yang terutama dipengaruhi oleh penyakit Parkinson.

Dalam studi tahun 2002 yang dilakukan oleh Department of Neurology di University of Maryland School of Medicine, menyatakan bahwa setelah 20 pasien Parkinson diobati dengan akupuntur selama 16 sesi, 85% pasien melaporkan peningkatan subjektif dari gejala individu, termasuk tremor, berjalan, menulis, kelambatan, nyeri, tidur, depresi, dan kecemasan.

1. Kesehatan kehamilan, melahirkan, dan pasca melahirkan

Banyak dokter merekomendasikan akupuntur sebagai pengobatan untuk mengurangi stres, menyeimbangkan hormon, serta meringankan kecemasan dan rasa sakit dari kehamilan dan melahirkan. Ini dianggap sebagai pengobatan yang aman untuk banyak gejala umum selama kehamilan, termasuk meringankan ketegangan fisik dan emosional pada tubuh, serta membantu membangun suasana hati, dan menurunkan depresi, gejala mental, atau fisik ibu setelah melahirkan. Bahkan pengobatan tradisional ini dapat digunakan sebelum bayi lahir untuk mempermudah proses melahirkan.

Berbagai risiko akupuntur

Risiko akupuntur sebenarnya tergolong rendah jika Anda melakukannya dengan terapis akupunktur bersetifikat. Berikut adalah beberapa kemungkinan efek samping dan komplikasinya:

• Rasa sakit. Setelah akupuntur, Anda mungkin mengalami rasa sakit, perdarahan kecil, atau memar di area yang tertusuk jarum.
  • Cedera organ. Jika jarum didorong terlalu dalam, mereka bisa menusuk organ internal, khususnya paru-paru. Ini adalah komplikasi yang sangat jarang terjadi di tangan dokter yang berpengalaman.
  • Infeksi. Ahli tusuk jarum selalu menggunakan jarum yang steril dan sekali pakai. Sebuah jarum yang digunakan kembali dapat membuat Anda terkena penyakit seperti hepatitis.

Treatment Akupunktur di Fairytale Clinic:

1. Akupunktur Slimming: menurunkan berat badan dengan memperbaiki fungsi organ pencernaan, memperbaiki laju metabolisme, mengurangi gas dalam perut, mengurangi nafsu makan dan menjaga tubuh tetap fit.

2. Akupunktur Antiaging: mengurangi kerut wajah, mejaga kulit wajah tetap kencang, sehat dan cerah berseri, memperbaiki aliran darah sekitar wajah, membantu menyembuhkan jerawat dan flek hitam, melancarkan aliran darah sekitar mata sehingga mengurangi mata sembab atau lingkaran gelap di bawah mata, menjaga kesehatan pencernaan dan fungsi tubuh lainnya.

3. Akupunktur kesehatan: akupunktur untuk masalah kesehatan antara lain: nyeri otot, frozen shoulder, Bell's palsy, Sinusitis, migren, vertigo dll

f t g m